Kamis, 02 April 2009

HARI BUMI AKANKAH HANYA MENJADI SEBUAH SEREMONI

Bulan April 2009 ini mungkin menjadi bulan yang cukup istimewa bagi setiap orang. Ada banyak moment-moment penting mengisi bulan ini. Mulai dari Pemilu di awal bulan April, hari Kartini, sampai Hari Bumi.
Hari Bumi akan menjadi pembahasan yang menarik kali ini.Bagi mahasiswa, moment hari Bumi ini menjadi suatu moment yang "wah", entah kenapa sepertinya untuk kalangan pelajar SMA, moment hari Bumi ini belum cukup dikenal. Sosialisasi yang kurang mungkin....
Setahun yang lalu di berbagai kampus, tiap-tiap fakultas sibuk memeriahkan hari Bumi ini. Mereka sibuk mempersiapkan acara guna menyambut tanggal 22 April. Dan acara yang dibuat pun cukup menarik, ada sepeda santai, ada 1 hari ke kampus ga pake motor,nonton bareng film-film yang bertemakan "save our earth", dan macem-macem lah...pokoknya banyak banget.
Kalau diliat sepintas emang acara-acara tersebut di atas bagus bangggggeeeeet.....tapi...hehehe...ada tapinya dong. Kalau menurut pengamatan pu selama ini sudah ada sebuah pergeseran makna dari Hari Bumi itu sendiri. Hari Bumi selama ini diperingati untuk mengingatkan kita bahwa bumi kita ini makin tua, makin rapuh, musti dijaga,tapi kenyataanya semua hal yang udah dilakuin di atas seperti berjalan gitu aja tanpa ada esensi yang bisa diambil.Maksudnya?
Maksudnya Hari Bumi ini udah seperti hari Valentine bagi orang2 yang merayakan, udah menjadi suatu seremoni, bukan lagi ritual yang emang wajib dilakuin.Jika hari Bumi, mereka ngelakuin banyak hal buat "sayang-sayangan"sama Bumi, tapi kalo udah lewat ya udah mereka kembali ngrusakin.Bahkan kadang2 mereka ikutan acara2 tersebut ga niat karena care sama Bumi, tapi karena pengen hang out, jalan sama temen2, biar terlihat peduli....
Duh Bumi...kasian banget si nasib kamu....
Buat teman2 semua mari kita cintai bumi dengan sepenuh hati,,.,,,OK

Tidak ada komentar: