Selasa, 20 Mei 2008

ANDREA HIRATA, ARI NUR DAN HABIBURAHMAN EL SHIROZY

Ketemu lagi...masih dengan saya Puspita yang lucu,imut dan menggemaskan.Dalam acara....jreng2....
Mamamia Supershow...weeks...ga masuk akal.
Langsung ajah yah,ke topik utama pembahasan kita kali ini.Yaitu masalah,buku alias karang mengarang.Gini nih,di Indonesia kayaknya lagi ada gebrakan baru dunia perbukuan,kali ini bukan dunia persilatan lohKayak taon2 sebelumnya tuh,pas jaman2 SMA,muncul tuh sebuah species baru dari novel yang bahasa gaulnya teenlit Teenlit ini kepanjangan dari Teen Literature,isinya apalgi sih kalo ga cerita cinta anak SMA,ya di bumbui persahabatan n pertengkaran dengan orang rumah.Ya..pokoknya gitu2 deh.Teenlit ini pada awalnya dipopulerkan oleh Rahmania Arunita yang sukses ngeluarin Eiffel I'm in Love trus karena saking suksesnya akhirnya ni teenlit di-pilem-kan.Dan seperti biasalah,Indonesia...langsung deh sifat plagiatnya keluar.Buanyak banget deh teenlit yang terbit n ceritanya itu2 ajah....bosen.Lah akhirnya muncul beberapa pengarang buku,memberikan gebrakan,menyegarkan tenggorokan kita yang kehausan bacaan bermutu tapi.....Okelah mari baca ulasan singkat dari saya.Ehm...ehm...
Pengarang pertama yang pengen saya ulas adalah Habiburahman el Shirazy,
Siapa sih yang ga kenal sama beliau,karya2nya yang selama ini dikenal sebagai Novel Pembangun Jiwa telah menjadi fenomena.Mengaharumkan nama bangsa Indonesia karena bisa jadi novel best seller di Asia,apalagi karyanya yang di filmkan itu Ayat-Ayat Cinta,gila seorang SBY ajah bela2in nonton.Sampe pake nangis darah segala...hehehe lebai ah.Tapi emang Kang Abik ini cukup menggemparkan Indonesia,buktinnya setelah karya beliau terbit,bermunculan nama2 yang menurut saya dimirip2in gitu deh...misal Taufiqurahman el Habiby atau malah Azza el Munadiyan...eh salah kalo itu mah KaDept Advokasinya BEM hehehe...Trus ada deh buku yang judulnnya Syair2 Cinta,Pokoknya 3 suku kata dan ada kata cintanya.Cinta lagi...cinta lagi...Tuh kan sekali lagi plagiat...plagiat kenapa si di Indonesia tuh bisanya cuma niru2.Apa ga da yang bisa meraih sukses tanpa harus meniru orang lain,(jadi inget ma Teori Sukses di pelajaran kewarganegaraan,ni.Ada teori Jejak Langkah,yamg menyatakan bahwa untuk sukses kita harus meniru langkah orang lain yang sudah sukses sebelumnya.Wah...perlu di revisi tuh,kalo ga qt semua bisa plagiat ide terus2an.)Lanjut ke bahasan sebelumnya....biar banyak orang bilang,bukunya kang Abik itu keren tapi kenapa yah koq saya ga begitu suka.Hehehe...mungkin karena tingkat keimanan saya belum seyinggi Kang Abik kali yah,,,tapi ga tau lah saya merasa bosan sama karaya beliau(*hehe...buyat yang ngefans Kang Abik maap yah).Gimana yah...abies ceritanya itu2 ajah.Nikah...nikah...nikah...mulu.Mungkin karena saya belum cukup umur kali yah,jadi bosen n ga ngerti.Hehehehe.....Tapi yang pasti tiap baca ceritanya Kang Abik itu kalo menurut saya alurnya tuh mudah banget di tebak.Pasti endingnya gitu2.Trus isinya cuma cinta...cinta... melulu.Loh...loh....capek deh.
Pengarang yang ke dua Andrea Hirata,
Wuih....pada awalnya saya kurang tau sama Bang Andrea ini.Gara2 mau cari kado bwt temen akhrnya saya bisa mengenal Laskar Pelangi.Jujur aja sya ngefans banget sama Bang Andrea ini.Keren....Karena saya merasa belajar Fisika,Kimia,Biologi,dan Matematika lebih mudah,dibanding baca James Brady atau diktat dosen.Menurut saya dia hebat,menguasai berbagai pengetahuan,biasanya orang yang pintar science ilmu sosialnya jelek,tapi kayaknya ini ga berlaku deh buat Bang Andrea.Kerenya lagi ni buku mengulas berbagai macam hal,mulai dari pendidikan,semangat dalam berjuang,agama,cinta2an juga ada....tapi heran saya koq ga bosen yah padahal ada tema cintanya.Tau ah karena menurut saya Bang Andrea ini mendeskripsikan cinta dengan cara yang berbeda,pokoknya lain dari yang lain deh....
Pengarang yang terakhir Ari Nur,
Kyaknya si ga seterkenal pengarang2 sebelumnya,tapi buat saya dia hebat koq.Apalagi karyanya yang berjudul Diorama Sepasang AlBanna.Keren2 ada cerita dakwah kampusnya,ada bahasan arsitekturnya...keren deh pokoknya.
Aduh capek deh nulisnya,besok lanjutin lagi yah di episode selanjutnya.

2 komentar:

Zahidah Haura Al Khansa mengatakan...

Salam kenal

Senang baca novel juga Ya! Sama dong, apalagi novelnya Kang Abik dan Ari Nur. Cuman sayangnya kok film sama novelnya Kang Abik agak jauh banget alias ada beberapa yang dilewatkan. Kata suami saya sih kalo isi novel ditumpahin dalam bentuk pilem durasi 2-3 jam. Kapan2 ntar ngobrol lagi ya

puspita mengatakan...

yups....makasih ya...emang sie filmnya ga sebagus bukunya...cuman kalau saya sendiri juga ga terlalu suka bukunyaa jadi ya....sama2 ga suka....